Sabtu, 01 Desember 2018

Langkah Kecil Menuju Hidup Lebih Sehat

Assalaamu'alaykum.

Lahir di keluarga yang memiliki faktor keturunan penyakit Diabetes membuatku waspada. Khawatir aja bakalan sakit Diabetes juga. Meski begitu, pola hidupku masih kacau banget. Susah maksa diri untuk hidup lebih sehat πŸ˜‚

Udah memulai sesuatu yang sekiranya bisa membuat kualitas hidup meningkat, tapi setelah beberapa bulan balik lagi ke pola hidup sebelumnya πŸ˜‚
Membentuk habit itu memang susah kalau gak punya tekad yang kuat.

Makanya aku sedang membiasakan beberapa hal yang sederhana tapi diharapkan bisa mencegah supaya gak gampang sakit, terutama penyakit degeneratif.

Hidup-lebih-sehat
Credit: Haute Stock


1. Memperbaiki Pola Tidur


Aku sejak dulu sering banget tidur terlalu malam. Entah itu untuk belajar, ataupun untuk main game. Kadang melek sampe jam 2 pagi πŸ˜‚
Paling cepet nyamperin kasur tuh jam 12. Kebayang kan, pegelnya kayak apa pas bangun tidur. Pundak kaku, badan kerasa gak enak karena tidurnya gak berkualitas, meski bangunnya agak siang supaya jadi 8 jam.

Nah, sekarang ini aku lagi biasain untuk tidur sebelum jam 10. Alhamdulillah udah cukup lama juga, tidur lebih cepet seperti ini, walaupun kadang begadang juga. Tapi ya palingan jam setengah 11 udah masuk kelambu. Gak kayak dulu. Kalo belum jam 12, masih asik aja ngerjain sesuatu.


2. Jangan Lupa Minum Air


Minum air putih tuh seger ya, selain memang butuh. Aku termasuk yang gak susah minum air putih. Kadang kan ada ya, orang yang maunya minum minuman manis aja atau minimal ada aromanya. Intinya gak plain doang gitu. Itu preferensi masing-masing orang, tapi kalau keseringan minum manis juga kan gak bagus.

Meski aku suka air putih, aku kadang lupa minum. Entah lagi sibuk beraktivitas, atau memang lagi mager sambil main hape. Biasanya aku akalin dengan naruh botol air di dekatku. Misal lagi jahit, ya aku taruh di tempat yang terjangkau. Jangan lupa diisi ya, masa' botolnya aja πŸ˜†


Kalau lagi lupa banget, aku langsung minum 1-2 gelas penuh begitu inget. Kasihan tubuh kita kalau gak minum air. Kinerjanya bisa terganggu. Sepertinya aku perlu reminder biar selalu ingat untuk minum air. πŸ˜„

3. Membatasi Jumlah Gula dan Karbohidrat yang Masuk


Ehm, ini gak seperti yang dianjurkan oleh Kemenkes, sih. Aku masih banyak makan karbo, dan masih belum bisa ninggalin makanan atau minuman manis. Tapi aku berusaha untuk mengurangi.

Salah satunya dengan tidak makan karbo lebih dari 4 kali sehari, tidak makan dan minum manis setiap hari, atau paling tidak masing-masingnya sekali aja dalam 1 hari. Masih banyak kan πŸ˜‚

4. Gak Banyak Mikir


Aku itu apa-apa dipikirin. Dari masalah serius sampe hal sesepele milih mau makan apa, mikirnya lamaaa. Mikir yang simpel sih gak bikin pening. Kalo mikirin sesuatu yang berat, kadang jadi gak nafsu makan dan nangis melulu.

Salah satunya soal anak. Orang yang sudah menikah trus kepengen punya anak itu wajar kan, tapi mau dipikir sampe ngebul juga gak bakal jadi kalo Allah belum berkehendak. Seharusnya aku berusaha serta berdoa, tapi malah sibuk mikir ini itu, takut bakal ditinggalin. Dan aku baru sadar setelah 4 tahun berumahtangga πŸ˜‚

healthy-food
Credit: Pixabay

Untuk hal lain pun sedang aku usahakan supaya gak terlalu dipikirin sampe stress. Kalo stress malah jadi gak bisa nyelesain masalah kan?

5. Makan Buah Setiap Hari


Alhamdulillah hampir setiap hari aku nyetok buah di kulkas. Buahnya bisa apa aja. Salak, mangga, pepaya, dan buah lainnya yang ada di tukang sayur. Kadang suka males ngupasnya sih, tapi ya dipaksain. Apalagi suami suka nyari cemilan kalo pulang kerja. Akhirnya mau gak mau ya ngupas buah juga πŸ˜„

Yang dianjurkan itu 5 porsi buah dan sayur, tapi baru bisa 4 porsi. Mungkin perlu makan buah sebelum sarapan supaya jadi 5 porsi. Hihi.

~~~

Harusnya ditambah olahraga, tapi kok mager banget ya. Makanya gak aku masukkan dalam daftar. Belum tentu akan dilakukan dalam waktu dekat. Tapi semoga bisa segera 'sadar' akan pentingnya olahraga.

Yang aku lakukan ini gak ada apa-apanya, tapi bagiku ini merupakan awal yang bagus. Makan gak semaunya lagi. Tidur kemaleman malah jadi susah tidur, mendingan tidur cepet, deh, daripada gelisah karena gak bisa tidur. πŸ˜‚

Bagaimana denganmu? Langkah apa yang sudah kamu ambil demi #MenujuSehat2019?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES