Rabu, 21 November 2018

Niche Blog dan Tema Tulisan Favorit

Assalaamu'alaykum!

Ngomongin blog, gak bakal lepas dari yang namanya tema. Bisa tema utama di blog, atau yang disebut dengan niche, dan bisa juga tema yang berhubungan dengan tampilan blog. Hari ini aku mau bahas yang pertama.

Menetapkan niche blog itu cukup penting. Postingan jadi lebih terarah. Gak terlalu bingung karena dari niche itu bisa dikembangkan menjadi banyak tema khusus. Misalnya blog berniche beauty. Selain review skin care, kita juga bisa sharing tentang cara merawat kulit, atau bahkan tutorial make up.
Selain itu, kita akan dikenal sesuai dengan niche blog kita. Kalau niche kita travelling, orang akan ingat blog kita saat butuh review suatu tempat wisata. Kalau niche kita parenting, orang akan cari kita untuk sharing soal anak.

Tema-blog
Credit: Haute Stock

Niche blog biasanya ditentukan dari profesi, hobi, atau keahlian. Pilih tema yang paling dikuasai, atau setidaknya yang kita suka saat menulisnya. Yang penting kita bertanggungjawab dengan isinya. Hindari menulis sesuatu yang kita gak punya ilmunya. Gak mau kan, kita dicap sebagai blogger sok tau?

Untuk orang yang gak bekerja dan gak punya keahlian sepertiku, tulis aja apapun yang disuka. Mau full curhat pun boleh banget lho. Aku yakin ada pelajaran yang bisa diambil dari curhatan sesepele apapun. Asal jangan ngumbar aib aja ya.

Baca juga: Kenapa Menulis Blog?

Sampai saat ini, icajahe masih random isinya. Dari resep sampai review aplikasi, semua dibahas. πŸ˜‚
Aku paling suka nulis review aplikasi walaupun gak suka edit-edit gambarnya. Aku juga suka nulis pakai Bahasa Inggris meski ancur-ancuran. Maklum, gak kuliah maupun kursus Bahasa Inggris. Otodidak aja setelah lulus SMA.

Sebenernya udah ada 1 blog yang khusus untuk postingan berbahasa Inggris. Rencananya akan diisi progress belajar bahasa yang aku minati, dan segala yang berhubungan dengan language learning. Belum mulai posting karena kepikiran dengan nasib icajahe πŸ˜‚

Apa semuanya aku post di icajahe aja ya? Gimana menurutmu? Satu aja jarang diupdate, malah mau bikin satu lagi πŸ˜†

2 komentar:

  1. Per niche konon lebih seru, mbak. Meski mungkin terbatas yg dibahas, tapi lebih legit untuk dimonetisasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya.. saya sering mati gaya sih. Blognya cuma 1 aja jarang posting, hiks

      Hapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES