Jumat, 12 Oktober 2018

[Recook] Kebab Telur Isi Tuna Mayo

Assalaamu'alaykum!

Tau kebab? Itu lho, kulit tortila berisi irisan daging tipis berbumbu serta sayuran (biasanya kol). Daging kebab biasanya ditempatkan pada semacam tiang putar dengan pemanas di depannya. Bagian yang sudah dipanaskan nantinya diiris tipis untuk kemudian ditata di atas kulit kebab.

Tapi tau gak, sih, kalau daging yang ditusuk bersama sayuran lalu dipanggang itu juga disebut kebab? Aku juga baru tau πŸ˜‚
Mau posting, googling dulu biar gak malu-maluin tau. πŸ˜†

recook-kebab-telur
Aku juga baru tau yang namanya kebab telur. Jangan dibayangin kayak kebab franchise yang pake kulit tortila, ya. Kebab yang satu ini bikinnya pake kulit lumpia. Tukang sayur biasanya jual.

Resep kebab telur yang aku recook itu resep dari salah satu teman belajar tajwid sekitar tahun 2011 kalo gak salah. Sampe sekarang alhamdulillah masih saling kontak.

Di resepnya, dia pakai makaroni untuk isian kebab telurnya. Kalau aku pakai tuna mayo. Kenapa jauh banget jadi pake tuna mayo? Bikin tuna mayo itu sebenernya mau buat isian onigiri (nasi kepal Jepang). Berhubung beras Indonesia gak bulet-bulet kayak beras Jepang, aku jadi ragu. Padahal tuna mayonya udah jadi.

Trus aku inget punya kulit lumpia, dan udah lama pengen nyoba bikin kebab telur. Akhirnya langsung eksekusi, deh, meskipun cukup melenceng dari resep aslinya πŸ˜‚

Oke, ini dia resepnya.

Kebab Telur Isi Tuna Mayo

Kebab Telur by Rani Ummu Hafshah
Tuna Mayo by Icajahe

Untuk 7 buah kebab

Bahan kulit:

🌯 1 bungkus kulit lumpia
🌯 1 butir telur, kocok sampai rata
🌯 Garam/penyedap sesuai selera
🌯 Air secukupnya

Bahan isi:

🌯 213 gr tuna segar, rebus hingga matang (bisa dilumuri air jeruk nipis sebelumnya untuk mengurangi amis)
🌯 60 gr mayonnaise (tambahkan bila suka)

Cara membuat:

Isian:

🌯 Potong tuna menjadi potongan yang cukup kecil, kira-kira bisa matang hanya dengan dicelup sebentar di air mendidih. Lebih bagus lagi jika dikukus.

rebusan-tuna

🌯 Celupkan tuna ke air mendidih. Angkat ketika seluruh permukaan tuna berubah warna menjadi putih. Belah, jika bagian dalam masih merah, celupkan lagi sebentar. Tiriskan.
🌯 Lumatkan tuna dengan garpu hingga tercerai berai seluruhnya.

tuna-mayonnaise

🌯 Beri mayonnaise, aduk hingga rata. Tambah mayonnaise nya jika kurang pas.

Kulit:

🌯 Panaskan teflon/wajan anti lengket. Beri sedikit minyak.
🌯 Bentangkan 2 lembar (aku: 1 lembar) kulit lumpia, siram telur di atasnya, ratakan dengan cara memutar wajan seperti meratakan kulit risol.

membuat-kebab-telur

🌯 Beri isian di tengah (Rani: tambahkan keju, mayonnaise, dan saus). Ratakan.
🌯 Lipat kulit seperti melipat kebab. Balik, masak sampai kulitnya matang. Sajikan selagi hangat dengan cabe atau saus botolan.

kebab-telur-isi-tuna

Jadi, deh. Maaf, ya, gambarnya masih seadanya πŸ˜‚

Ini empuk, gak kriuk seperti kalau digoreng. Pake isian tuna mayo cocok juga ternyata. Untuk  membuat tuna mayo, kamu bisa pakai tuna kalengan. Berhubung gak ada, pake yang segar aja. Tuna mayonya bisa kamu tambahin bawang bombay yang sudah ditumis biar lebih harum.

Baca juga: [Recook] Omurice

Oh iya, waktu bikin ini, aku lipatnya salah. Dilipat 4 kayak bikin martabak, bukannya dilipat ke tengah πŸ˜… keliatan ya, di foto. Ini namanya kebab lupa jati diri #apasih #krikkrik
Jadi kalau nanti mau coba bikin, lipatnya kayak lipat kebab, ya 😁

Isiannya jangan terlalu banyak dan mepet ke sisi yang terbuka, ya, biar lebih mudah baliknya dan isinya gak kabur keluar. Supaya paten, setelah dilipat langsung dibalik. Nanti bisa dibalik lagi kalau sisi satunya belum matang. Tapi lipatnya jangan tunggu telurnya matang sempurna, khawatir gak mau merekat.

Minyaknya bisa ditambahkan lagi kalau habis, sedikit aja, ya, kalau banyak jadi kebab goreng dong. Dan dapat dipastikan isinya ambyar (kecuali lipatnya kayak aku) πŸ˜‚

kebab-telur-isi-tuna-mayo

Untuk isian, kamu bisa isi pakai isian favoritmu. Mau pake tumisan sosis? Bisaaa. Pake orak-arik telur biar double telur? Boleh juga. Atau mau pakai isian daging kebab? Wah, pasti mantap!

Yuk, segera dicoba resepnya. Cocok banget untuk cemilan sore sambil minum teh. Makan pakai cabe atau polosan, sedaaap!

Sampai jumpa di Recook selanjutnya. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES