Selasa, 25 September 2018

[App Review] Slowly: Temukan Sahabat Pena dari Seluruh Dunia!

Assalaamu'alaykum!

Dulu sekitar tahun 90an, ketika belum banyak orang yang punya hp, orang-orang berkomunikasi lewat surat dengan orang lain yang tempat tinggalnya jauh. Bukan hanya dengan kenalan atau kerabat, tapi juga dengan orang yang belum pernah saling kenal sebelumnya. Bahkan ada yang berkirim surat dengan penduduk negara lain.


Pada saat itu, biaya telepon ke luar kota tergolong mahal, sehingga berkirim surat menjadi alternatif. Sayangnya gak bisa untuk urusan yang urgent karena butuh waktu sampai suratnya tiba. Tapi setidaknya cukup untuk mengobati kerinduan dengan dia yang nun jauh di sana, atau sekadar menambah teman.

Dulu banyak orang yang mengirim surat ke kantor redaksi majalah supaya dimuat di majalah. Biasanya beserta alamat rumah, jadi kalau ada yang ingin jadi sahabat pena bisa langsung kirim surat ke alamat yang tertera.

slowly-app

Pernah dengar istilah sahabat pena? Ya, sahabat pena adalah pertemanan yang terjalin lewat tulisan yang berbentuk surat. Sekarang sudah jarang yang berkirim surat karena hp sudah tersebar luas. Jarang sekali yang gak punya hp saat ini. Kalau kangen bisa langsung telepon atau minimal sms. Media sosial juga sudah marak. Kita bisa berteman dengan siapa saja asal punya akun medsos.

Ya, di zaman sekarang ini, untuk punya kenalan dari dalam maupun luar negeri sangatlah mudah. Cukup modal akun sosial media dan ketertarikan terhadap hal yang sama, kita sudah bisa berteman dengan banyak orang di dunia maya.

Saat ini, punya teman dari luar negeri bukan hal yang baru. Bahkan ada orang yang biasa bolak-balik ke negara lain. Tentunya hal ini gak berlaku untuk orang yang terlalu nyaman di zona nyaman seperti aku 😂

Berkirim surat lewat pos sudah tergantikan dengan e-mail. Lagipula belum tentu sampai, meski pakai perangko termahal. Orang-orang juga semakin sibuk, gak sempat lagi untuk menulis surat. Pakai e-mail, tinggal ketik, beres.

Tapi keduanya sama-sama butuh alamat. Untuk sebagian orang, membagi alamat ke orang asing di masa ini cukup berisiko, meski itu hanya alamat e-mail. Sekarang semakin banyak spam bahkan penipuan, sehingga harus selalu waspada ketika memberikan data diri.

slowly-tulis


Nah, bagi yang kangen berkirim surat namun gak ingin bertukar alamat, bisa memanfaatkan aplikasi yang akan aku review kali ini.

Slowly adalah sebuah aplikasi di mana penggunanya bisa saling berinteraksi sesuai dengan minat dan bahasa yang dikuasai. Tentunya tak hanya sampai di situ, Slowly punya keunikan yang tidak ditemukan di aplikasi lainnya.

Baca juga: [App Review] Puzzle Alarm

slowly-perangko

Dengan fitur koleksi perangko, kita bisa merasakan asyiknya berfilateli. Buat yang belum pernah berkirim surat sepertiku, ini adalah pengalaman yang menyenangkan.

Berbeda dengan aplikasi chatting yang pesannya bisa segera tiba, aplikasi dari Why Interactive ini menetapkan waktu pengiriman surat sesuai jarak, sehingga terasa seperti mengirim surat sungguhan. Jika kamu orang yang tidak suka menunggu terlalu lama, mungkin aplikasi ini kurang cocok untukmu.

Bikin akun di Slowly mudah banget. Kamu bisa tonton video dibawah ini untuk lebih jelasnya, ya!


---

Sekarang aku mau jabarin menu-menunya. Ada apa aja, sih?

slowly-diterima

Recently Received

Ini ada di button paling kiri bawah. Setiap buka app, pasti bagian ini akan langsung terbuka. Di sini kamu bisa mengecek surat-surat yang telah dan akan masuk. Surat yang baru masuk memiliki titik merah, dan akan berubah jadi ceklis abu dan kuning setelah kita baca.

Kamu bisa klik bagian di bawah surat-surat untuk melihat ada berapa surat yang akan tiba, dari mana, dan sisa waktu pengiriman.

slowly-kotak-masuk

Pen Friends

Ini berisi list sahabat pena mu dan surat-surat dari dan untuk mereka. Saat ini baru bisa sampai 100 sahabat saja. Ada beberapa icon penanda yang muncul di pojok kanan.

Kamu bisa mengecek status suratmu dengan melihat ceklis. Ceklis abu-abu menandakan suratmu sudah sampai. Ceklis kuning berarti suratmu sudah dibaca.

arti-icon-slowly

Aku sendiri punya love-hate relationship dengan fitur ceklis kuning di app ini. Ceklis kuning bisa jadi indikator bahwa surat kita dibaca, which is neat, gak kayak surat beneran yang belum tentu sampe, boro-boro dibaca. Tapi akan jadi nyebelin bagi yang gak sabaran karena kok udah dibaca tapi gak ada notif balasan. 😂

Untuk hal ini, kita berusaha berpikir positif aja. Mungkin si penerima sedang sibuk sehingga belum sempat balas. Atau sampainya di saat mau tidur misalnya, jadinya baru bisa balas keesokan harinya. Karena waktu pengiriman cukup panjang, gak akan efisien kalau dibalasnya singkat, kan? Bisa saja si penerima sedang mencari waktu lowong untuk balas suratmu. 😊

slowly-cari

Explore Friends

Di sinilah kamu berburu sahabat pena. Ada tips penulisan surat yang baik (icon lampu), dan pengaturan pencarian. Kamu bisa mengatur target usia, negara asal, jenis kelamin, bahasa, dan hal-hal yang diminati.

Setelah menemukan profil yang menurutmu cocok dengan kriteria, kamu bisa langsung mengirim surat. Memperkenalkan nama dan asal negara (jika beda negara) serta membuka percakapan dengan menjabarkan hal yang diminati secara umum dapat lebih mendorong penerima surat untuk membalas suratmu daripada hanya menyebutkan nama dan sapaan singkat, meski gak sepenuhnya berhasil juga. Kalau istilah kita sekarang, di read doang. Tapi kalau sampai dibalas dan tanggapannya baik. Wow banget rasanya! Gak bisa digambarkan dengan kata-kata, deh.

Oh iya, kamu juga bisa pakai fitur auto-match. Nyalakan fitur ini di menu Settings. Dengan auto-match, Slowly akan mencarikan pen pal sesuai preferensimu. Kamu gak perlu scroll-scroll dan klik satu persatu nama yang muncul untuk cari teman yang pas.

Caranya cukup ketik suratmu di bagian yang disediakan, atur preferensi, lalu klik begin matching. Maka akan muncul orang-orang terpilih. Setelah selesai mengirim, kamu baru bisa menggunakan auto-match lagi setelah 1 hari.

slowly-draf

Drafts

Setiap surat yang belum kamu kirimkan akan masuk ke sini. Kamu bisa menulis surat sambil sesekali membaca surat yang akan kamu balas dengan sekali sentuh. Sangat memudahkan sekali tentunya.

Jika baru pertama kali tulis surat ke orang tersebut, kamu bisa sambil melihat profilnya dengan cara yang sama. Gak pake malu karena salah 'tembak', deh!

Kamu bisa pilih perangko yang mau kamu gunakan ketika akan mengirim surat. Tinggal klik perangko di bagian kanan atas surat, lalu pilih perangkonya. Ini gak mempengaruhi waktu pengiriman atau apapun, tapi cukup asyik untuk dilakukan.

slowly-pengaturan

Settings

Sebenernya gak ada judul settings nya, tapi anggaplah ada 😆

Di menu ini, kamu bisa melihat avatar, nickname, usia, dan informasi lainnya.
Di bagian about me, kamu bisa menuliskan perkenalan singkat serta minatmu secara umum agar orang tertarik saat melihat profilmu. Sangat disarankan untuk menggunakan Bahasa Inggris agar jangkauannya lebih luas, kecuali kamu memang hanya ingin berteman dengan yang satu negara denganmu.

Kamu bisa mengatur preferensi, teman seperti apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mengecualikan topik atau negara tertentu sehingga kamu bisa lebih nyaman menggunakan Slowly.

Koleksi perangkomu juga ada di sini. My stamps berisi perangko yang bisa kamu pakai saat mengirim surat, dan Stamp Collection berisi perangko yang kamu terima dari orang lain.

Di bagian pojok kanan atas ada gambar gear. Klik untuk melihat pengaturan lainnya seperti pengaturan notifikasi dan privasi.

~~~

Dengan segala fitur yang ada, semoga dapat mengobati kerinduan berkirim surat dengan sahabat pena. Bagi yang belum pernah berkirim surat pun bisa merasakan pengalaman bertukar surat dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Salah satu hal yang paling aku suka, gak perlu upload foto untuk dijadikan avatar. Avatar yang bisa digunakan hanya avatar yang disediakan. Untuk orang yang memang gak upload foto diri ke dunia maya, hal ini sangat convenient.

Tapi bagi yang ingin sharing foto, di Slowly ada yang namanya photo sharing, dan untuk bisa melakukannya, kedua belah pihak harus setuju untuk melakukannya. Kamu bisa mengajukan request dari profil sahabat pena yang ingin kamu minta untuk share foto.

Aku sendiri belum pernah coba, sih. Masih cukup hanya dengan sharing pikiran. Lagipula baru segelintir yang konsisten balas suratku. 😂
Seneng, deh, punya temen sesama perempuan untuk diskusi soal game. Biasanya sharing sama adik cowok aja 😆

Yang pasti, perlu diingat bahwa sharing foto ke dunia maya harus dipikirkan matang-matang. Jangan upload yang menurut kita privasi. Jangan juga meminta orang lain untuk upload hal yang gak ingin mereka upload. Intinya saling mengingatkan aja, jangan sampai bablas.

Oke deh, segitu aja review nya. Kalau mau download, bisa dengan mengklik link di bawah ini. ^^


Aku juga punya video penggunaan aplikasi Slowly. Silakan klik tombol play nya.


Terima kasih!

3 komentar:

  1. Ada juga ya aplikasi sahabat pena kayak gini. Baru tahu saya, mbak.

    Salah tembak, hihi...dulu pernah ada anak SD kirim saya surat. Setelah tahu saya anak kuliahan (waktu itu), langsung berhenti.

    BalasHapus
  2. Waaaa ada nama sayaaa...nice review, komplit bgt... Keren icaa

    BalasHapus
  3. Waah, baru tau ada aplikasi ini. Jadi penasaran sama gambar prangkonya. Mbak, apakah tiap daerah atau negara prangkonya beda-beda? Pengen kirim surat banyak trus ngoleksi prangkonya! ��

    BalasHapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES