Senin, 12 Februari 2018

[Recook] Rica-rica Daging dan Tempe

Assalaamu'alaykum!

Akhir-akhir ini cuma posting sebulan sekali, pas ada jadwal recook aja, hiks. Lagi mager banget buat nulis. Asik aja sama flanel πŸ˜‚

Alhamdulillah gak pernah lupa sama rubrik recook. Tiap mau masak sesuatu yang agak aneh, pasti kepikiran mau diposting. Tapi biasanya malah kelupaan foto-foto, akhirnya gak jadi deh πŸ˜‚

Rica-rica-tempe
Sepekan yang lalu, aku masak rica-rica ini. Resepnya dari buku resepnya Dapoer 2 Iboe, pinjam di iPusnas. Aku pilih resep ini karena resepnya simpel. Dan memang saat itu lagi kebingungan juga, punya daging sapi tapi gak tau mau dimasak apa. πŸ˜…

Bumbu-rica-rica

Sebenernya aku hampir selalu kebingungan ketika mau masak. Akhirnya masak yang itu-itu aja. Kepengen lauk daging, misalnya, tapi buntu pengen dimasak apa. Tiap masak daging kok rasanya kurang enak gitu. Jadi males. Enakan beli mateng. Hihihi

Oke langsung aja kita lihat resepnya ^^

Daging Kambing Rica-rica
Oleh: Dapoer 2 Iboe

Bahan:
600 gr daging kambing berlemak, potong kotak besar (aku pake +-250 gr daging sapi --> baru mulai udah ganti bahan🀣)
1 sdt gula pasir
200 ml air (secukupnya sampe empuk)
2 sdm minyak goreng

Bumbu-untuk-rica

Bumbu halus:
10 buah cabai merah (aku pake 7, rawit 4)
10 buah bawang merah (aku pake 6)
4 cm jahe (aku pake sekitar 3 cm)
1 buah tomat merah
1 sdt garam

Bahan tambahan dariku:
9 batang kacang panjang, dipotong 2 cm
¼ papan tempe, dipotong kotak-kotak

Cara membuat:

Gula-minyak
Panaskan minyak, masukkan gula, masak hingga berkaramel.
Bumbu-tumis
Masukkan bumbu halus, tumis sampai harum.
Rica-daging
Masukkan daging, aduk hingga berubah warna.
Rica-rica
Tambahkan air, masak hingga daging mengeluarkan air.

Masak terus hingga daging empuk sambil terus ditambahkan air sedikit demi sedikit.

Rica-ala-nisa

Step tambahan:
Setelah daging hampir empuk, masukkan tempe. Masak hingga hampir matang lalu masukkan kacang panjang. Masak hingga matang seluruhnya. Sajikan hangat.

~~~~~~

Daging kambingnya aku ganti daging sapi karena adanya itu. Kalo daging kambing mesti pesen. Sayangnya tukang sayur langganan tutup 12 hari karena mau umroh, sedangkan aku gak biasa belanja di tempat lain, jadinya gak enak mau nitip. πŸ˜…

Karena daging sapinya pakai yang tanpa lemak, rasanya jadi kurang sedap. Tapi insyaallah tetap bersyukur bisa beli dan makan daging 😊

Baca juga: Balado Tuna Tempe

Aku tambahin tempe dan kacang panjang biar banyak dan supaya gak perlu masak 2 menu. Hehehe. Gini nih, kalo lagi males masak tapi harus masak. Semua cemplung jadi satu. 🀣

Rica-daging-sapi-tempe

Kata suami, rasanya kurang, soalnya gak pake bawang putih. Mungkin kalau pake daging berlemak, rasanya masih mendingan ya. Atau mungkin juga karena lidahnya gak terbiasa makan masakan yang gak pakai bawang putih, jadinya terasa aneh.

Tapi meski begitu, dia tetap lahap memakannya ^^

Iyalah, adanya itu πŸ™ˆ

~~~~~~

Ada yang punya resep rica-rica yang mantap? Atau adakah yang punya ide, daging tanpa lemak lebih enak dimasak dengan bumbu apa? Tulis di komen, ya!

3 komentar:

  1. Suka masak ya mba icha? Request boleh gak posting resep makanan praktis tapi sehat untuk bekal anak sekolah ya, hee ��

    BalasHapus
  2. Jadi ingat bulan kemarin mau bikin postingan resep masakan eh tapi karna bentuk dan warna wajan yang gak mendukung untuk di foto akhirnya gak jadi hehe

    BalasHapus
  3. Bikin ngiler mba...next posting resep lagi ya mba hihi
    Boleh ya mba aku recook resepnya hehe

    BalasHapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES