Selasa, 12 Desember 2017

Balado Tuna Tempe (With Strawberry)

Assalaamu'alaykum!

Postingan masak-masak hari ini agak beda. Biasanya aku posting [Recook] tiap tanggal 12, tapi hari ini aku mau posting resep racikan sendiri. Bukan yang wow banget, sih, cuma agak gak lazim aja.

Aku udah lama pengen masak ini. Aku udah nulis judulnya dari September lalu (tapi bukan judul yang sekarang), dan kayaknya keinginan untuk membuatnya muncul jauh sebelum itu.

Balado

Jadi ceritanya gini, waktu aku lagi scroll-scroll timeline FB, aku baca status temanku. Itu lho, yang bikin resep Rendang a la Cikarang. Dia cerita di statusnya kalau dia salah beli bahan buat nyambel. Mau beli tomat malah beli stroberi. Tapi aku lupa alasannya kenapa bisa salah ambil.

Baca juga:

Sejak saat itu, aku jadi kepengen bikin sambel pake strawberry. Keinginan itu tak kunjung diwujudkan karena merasa agak aneh. Tapi bukan Annisa namanya kalau gak nyobain yang aneh-aneh. 🀣
Setelah sekian lama, akhirnya tereksekusi juga.

Ini juga sebenarnya gak aneh banget. Waktu gugling, aku menemukan bahwa ternyata ada resto di Bandung yang pelengkap makannya pakai sambel strawberry. Malah ada yang jual sambel strawberry botolan, lho. Rupanya ini inovasi yang sudah ada sejak lama 😁

Awalnya mau bikin seperti model sambel tomat gitu, bahannya digoreng semua lalu diuleg, tapi ragu mau nggoreng stroberi. Agak gimana gitu πŸ˜…
Jadinya aku rebus semua bahannya, dihaluskan, trus ditumis buat bikin balado.

Pas lagi makan baladonya, baru nyadar, stroberi kan buah, gak dimasak juga gak apa-apa. Harusnya goreng aja bahan sambel yang lainnya, trus diuleg, deh, bareng si stroberi. Mungkin kapan-kapan bikin yang seperti itu 😁

Langsung aja, yuk, intip resepnya ^^

Balado Tuna Tempe (with Strawberry)
Oleh: Annisa (icajahe)

Bahan:
πŸ“ 1 papan tempe, potong dadu
πŸ“ 150 gr tuna, potong dadu
πŸ“ 2 lembar daun jeruk (lupa pakai πŸ™ˆ), sobek-sobek
πŸ“ 1 ruas jari jahe, geprek
πŸ“ Garam gula secukupnya
πŸ“ 3 sdm minyak sayur
πŸ“ Air secukupnya

Bumbu halus:
πŸ“ 10 buah cabe merah keriting
πŸ“ 3 buah cabe rawit merah
πŸ“ 7 buah stroberi
πŸ“ 6 siung bawang merah
πŸ“ 5 siung bawang putih

Cara Membuat:

Tuna-tempe
Klik untuk memperjelas

πŸ“ Goreng tempe dan panggang tuna. Tuna aku panggang di wajan supaya gak terlalu berminyak. Tapi silakan jika lebih suka digoreng. Mau langsung dimasak bareng bumbunya nanti pun bisa.

Rebus-bahan-sambal
Klik untuk memperjelas

πŸ“ Rebus semua bahan halus, lalu haluskan.
πŸ“ Panaskan minyak, tumis bumbu halus. Masukkan daun jeruk dan jahe.
πŸ“ Tuangkan air, didihkan. Masukkan tempe dan tuna. Aduk rata.
πŸ“ Beri garam dan gula sesuai selera. Masak hingga airnya habis.
πŸ“Angkat dan sajikan selagi hangat.


Ini resepnya asli ngarang banget 🀣 aku biasanya begini kalau masak balado. Dan ini ternyata kurang banyak bumbunya. Jadi nanti kalau ada yang mau coba resepnya, bahan bumbu halusnya bisa dibanyakin, ya.

Untuk airnya, aku pakai air rebusan bumbu sambelnya. Aroma air rebusannya kayak kuah asinan. Pedes seger gitu. Mau pakai air biasa pun boleh. Gak terlalu ngaruh 😊

Kalau aku masak buat sendiri, mungkin tunanya bakal langsung dicemplungin, gak di goreng atai panggang dulu. Tapi karena masak buat berdua, dan toleransi suami akan rasa amis itu kurang, jadinya kupanggang. Sebenernya digoreng sampe agak kering itu lebih bisa ngurangin aroma amis, tapi gak pengen kebanyakan goreng-gorengan. Tempenya kan udah digoreng. πŸ˜…

Balado-tetu

Ini pedesnya sedang. Kalau kurang suka pedas bisa skip rawitnya. Tadinya malah mau nambahin rawitnya lagi karena dikira bakal gak pedes. Untungnya gak jadi. Ini udah lumayan bikin huh hah πŸ˜‚

Alhamdulillah, rasa penasaran akan sambel strawberry sudah terobati. Yaay πŸŽ‰

Ada yang udah pernah coba sambel strawberry juga? Sharing di kolom komentar, yuk!

10 komentar:

  1. Gak kebayang sih pakai strowberi. Rasanya pedes seger gitu ya, mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya gak jauh beda dgn pakai tomat. Sama-sama seger :D

      Hapus
  2. strawberry nya terasa gak? dan rasanya seperti apa? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya mirip seperti pakai tomat, tapi memang ada sedikit rasa strawberry nya :)

      Hapus
  3. Ih gimana itu rasanya strawberry dicabein jadi sambel huhuhu penasaran.. Aku pernahnya sambel apel.. Enak.. Kalo strawberry belom ah jadi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak. Kalau pake strawberry yg udah mateng dan agak manis malah kayaknya lebih unik rasanya. Kalau ini rasanya kayak kalau pake tomat :D

      Hapus
  4. Wah jadi penasaran rasanya gimana, asem-asem segar kali ya mba. Boleh juga tuh dicoba resepnya. Makasih mba udah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba, mbak. Semoga suka ^^

      Hapus
  5. aku baru tahu lho ada sambel strawberry, rasanya gak asem2 gitu mbak?
    mungkin terinspirasi dari sambel mangga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya seger, mbak. Gak jauh beda dgn kalau pakai tomat, mungkin karena kurang banyak kali ya, jadinya gak terlalu kerasa bedanya. Hehe

      Hapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES