Minggu, 19 November 2017

Apa yang Baru dari MIUI?

Assalaamu'alaykum.

Beberapa hari yang lalu, aku memperbarui MIUI. Buat yang gak tau, MIUI itu User Interface punya Xiaomi. Kalau ASUS punya ZenUI, Xiaomi punya MIUI.

Miui
Credit: mi.com

User Interface (UI) atau antar muka pengguna, menurut Wikipedia, merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antar muka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.

Singkatnya, UI itu tampilan yang kita lihat langsung di layar gawai, baik komputer maupun smartphone. Desain dan fungsinya di dalamnya beda-beda tergantung pembuatnya. But CMIIW, ya. Ini cuma pemdapatku soal UI. Teori-teori perkomputeran agak sulit aku cerna πŸ˜…

Oke lanjut.

Jadi aku habis perbarui MIUI ke MIUI 9.0.3.0. Ada beberapa fitur baru yang hadir. Ada fitur yang semakin memudahkan pekerjaan kita, ada juga yang bikin tampilan jadi gak biasa.

Nah, apa aja, sih, fitur barunya?

KEY and GESTURE SHORTCUT

Aku sebenernya agak gak yakin apakah ini fitur baru atau lama, soalnya merasa baru lihat pas tadi utak-atik hape. Sebelumnya aku pernah utak-atik hape juga tapi gak pernah nemu fitur ini, jadi anggap aja fitur baru, ya πŸ˜‚

Buka setelan > setelan tambahan > key and gesture shortcut

Pilihan key nya beragam sedangkan gesturenya hanya satu yaitu three gesture down atau "elus" layar dengan tiga jari. Pilihan gesture ini hanya ada di bagian screenshot.

Key-and-gesture

Ini beberapa fungsi yang bisa dijalankan dengan jalan pintas (shortcut):
⏺️Kamera
⏺️Screenshot
⏺️Google Search
⏺️Sleep mode
⏺️Senter
⏺️Tutup aplikasi saat ini
⏺️Tampilkan menu

Pilihan key yang tersedia bisa berbeda tergantung fungsi apa yang mau dibuat shortcutnya. Pilih yang paling nyaman buatmu. ☺️

SPLIT SCREEN

Ini, nih, yang asik. Aku bisa jalanin dua aplikasi secara bersamaan. Meski gak semua aplikasi support fitur ini, tapi kehadiran fitur ini cukup membantu.

Aku bisa baca komik sambil baca-bacain chat yang masuk. Misal lagi ada diskusi di WAG tapi lagi seru-serunya baca komik. Chat-chat yang baru masuk bakalan langsung nampak di layar tanpa ganggu keasikan kita baca komik. Lumayan, jadi gak perlu buka tutup aplikasi.

Mau nyimak pelajaran lewat video sambil baca materinya di pdf reader juga bisa. Gak perlu pake 2 hape lagi, deh. Cukup pasang video di atas dan pdf reader di bawah, kita bisa langsung belajar dengan nyaman.

Caranya gampang.

⏺️Buka aplikasi terkini dengan cara sentuh tombol menu.
⏺️Sentuh tulisan Split Screen di pojok kiri atas.
⏺️ Setelah muncul tulisan "drag items here", langsung geser aplikasi yang mau di-split. Tentunya aplikasinya dibuka dulu biar standby.
⏺️Buat munculin aplikasi di layar bawah, tinggal pilih aja, aplikasi mana yang mau dibuka. Nanti otomatis terisi.

Taraa~~

Split-screen-xiaomi

Convenience, isn't it?

Jadinya gak perlu bolak-balik sentuh tombol menu. Tinggal scroll aja, yang perlu di scroll. Ini memudahkan banget. Apalagi buat emak-emak yang suka multitasking. πŸ˜„

Ukuran masing-masing "layar" nya pun bisa diatur. Tinggal geser aja garis putih pendek yang ada di tengah layar ke atas atau bawah. Yang penting jangan bablas aja, nanti harus ulangin lagi step di atas 😁

Untuk keluar dari split screen, cukup touch tulisan "keluar" di tengah atas.

~~~

Selain 2 fitur di atas, ada juga fitur lainnya. Salah satunya fitur "ubah nama operator". Aku baru nemuin yang seperti ini. Nama operator yang muncul di status bar bisa diganti sesuai keinginan.

Caranya buka setelan > notifikasi & bar status > ubah nama operator

Langsung ketik apa yang mau diketik. Aku nyoba ngetik nama sendiri. Dan ini hasilnya.

Ubah-nama

Bisa dilihat, ya, nama operator di bar status berubah jadi namaku. Sepele, sih, tapi lucu aja gitu 😁

Dari segi tampilan pun ada yang berubah, salah satunya aplikasi bawaan yang biasa dipakai buat cek status hp. Tampilannya jadi lebih ringkas. Ada 1 fitur baru di dalamnya; menambah kecepatan. Fungsinya udah jelas, ya, yaitu untuk mempercepat kerja hp.

Aplikasi messaging juga jadi lebih enak dilihat karena disortir berdasarkan waktu meski gak rinci-rinci banget, apalagi untuk pesan-pesan terdahulu.

Mencharge

Saat men-charge hp, yang tadinya di layar kunci gak ada rincian apa-apa, sekarang ada. Ada penunjuk sisa waktu men-charge, waktu terakhir isi daya, lama pakai baterai, dan tip untuk menjaga agar baterai lebih awet.

~~~

Untuk pembaruan selanjutnya, mudah-mudahan fontnya bisa gonta-ganti. Kan jadi unik. Trus aku juga berharap semoga tampilan messagingnya tambah diperinci lagi waktunya, misalnya dirinci tiap bulan.

Adakah yang terlewat olehku? Mau nambahin? Atau mau sharing pengalamanmu pakai smartphone Xiaomi? Komen di bawah, ya! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES