Kamis, 12 Oktober 2017

[Recook] Rendang a la Cikarang

Assalaamu'alaykum!

Apa kabar sahabat IJah? Semoga selalu dalam keberkahan dan kesehatan, ya. Aamiin :)

Aku mau masak daging lagi, nih, soalnya daging kurban masih sisa sedikit. Belum habis udah mabok daging, padahal nanggung banget, palingan tinggal seperempat kilo.

Rendang
Klik untuk memperjelas


Kebetulan aku lihat temanku share link resep yang dia post di Cookpad. Rendang a la Cikarang. Dari namanya udah unik banget, nih. Begitu lihat jumlah santan yang dipakai, aku agak skeptis karena pernah nyoba praktekin resep Rendang dengan jumlah santan yang kurang lebih sama dengan yang ada di resep temanku, dan hasilnya gagal.

Tapi aku masih penasaran dengan Rendang. Tanteku jago banget masak Rendang yang enak. Mau berguru tapi keburu males karena kelihatannya akan pegel sekali kalo masaknya harus terus diaduk begitu. Orang malas jangan ditiru, ya. Hihihi...

Akhirnya aku praktekin resep ini. Yakin gak yakin, sih. Tapi hasilnya diluar dugaan. Mantep banget 👍

Resepnya aku modifikasi sesuai dengan ketersediaan bahan dan kondisi. Kalau mau lihat resep aslinya, silakan klik link nya, ya. :)

Oleh: Rifdah Ummu Ihsan

Bahan:
250 gr Daging Sapi yang sudah direbus (di resep asli pakai 500gr)
3 batang serai (di resep pakai 2)
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
65ml atau 1 bungkus santan kemasan (diresep pakai 2 bungkus)
7 sdm minyak sayur (di resep 5 sdm)
Air secukupnya
Gula dan garam secukupnya

Bumbu
Klik untuk memperjelas

Bumbu halus:
9 siung bawang merah (10)
6 siung bawang putih (7)
5 buah cabe merah besar (9)
4 buah cabe merah keriting (tidak pakai)
3 butir kemiri sangrai
1/2 sdt ketumbar (1 sdt)
1/2 sdt jinten (2)

Bumbu-bumbu
Klik untuk memperjelas

Cara Membuat:
Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai.

Tuang air secukupnya, masukkan daging yang sudah direbus. Masak dengan api kecil hingga bumbunya meresap dan airnya menyusut

Tambahkan air lagi, tunggu sampai mendidih.

Tuangkan santan, aduk terus sampai kuahnya menyusut. Aku masak pakai api sedang biar cepat.  🙈

Angkat dan sajikan.

~~~

Baunya mirip Rendang banget. Pas dicobain, ternyata cukup manis. Kayaknya kebanyakan gula. Rasanya jadi kayak Rendang Jawa. 😂

Menurutku Rendang ini rasa pedasnya ringan. Kalau mau lebih pedas, mungkin bisa ditambahkan rawit setan di bumbunya.

Rendang-enak
Klik untuk memperjelas

Setelah masak Rendang ini, aku jadi tau kenapa dulu bisa gagal. Ternyata karena bumbunya kurang banyak. Kali ini bumbunya banyak soalnya cuma aku kurangi sedikit dari yang tertulis di resep asli. Padahal bumbunya untuk 500gr daging. Jumlah santan aku kurangi karena aku dan suami sedang kurang sehat. Tadinya takut gagal lagi, ternyata tetep enak. Kalau pakai sesuai resep pasti lebih nendang :D

Kamu doyan Rendang? Pengen masak sendiri biar dapet banyak tapi gak mau pegel ngaduk? Resep ini pas banget untuk kamu. Cobain, yuk!

Jangan lupa share pengalamanmu soal Rendang di kolom komentar. ^^

See you!

3 komentar:

  1. dan erndang itu makanan yang tahan lama disimpan

    BalasHapus
  2. Jadi pengen bikin rendang. Bsok bikin ah :D
    Iya kalau rendang paling enak tu bumbunya dibanyakin. Kdng dagingnya abis aku kasi gorengan kentang hahahaha.
    TFS resepnya mbak :D

    BalasHapus
  3. Aku termasuk pecinta rendang. kyknya makan rendang tiap hari juga ngak masalah deh hahahah

    BalasHapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES