Selasa, 12 September 2017

[Recook] Empal Daging Sapi

Bismillah.

Postingan recook perdana yeey! 🎊

Di postingan perkenalan kemarin, aku bilang mau recook resep ayam ya? Eh, yang nongol malah resep daging. Maafkan daku hiks. Jadi ceritanya aku udah nyoba resep ayam yang aku bilang itu, tapi belum sempet di foto udah keburu abis πŸ˜† #alesyan

Akhirnya aku mutusin untuk bikin masakan dari daging. Kami dapet daging sapi banyak banget, alhamdulillah. Jadi ceritanya kami pulang ke Klaten menjelang Idul Adha kemarin.

Setiap tahun, mertuaku dapat banyak daging karena ikut urun sapi, padahal cuma berdua di rumah, dan udah sepuh. Yang makan cuma bapak mertua. Mau dibagiin ke tetangga? Wong masing-masing KK di dusun itu dapat minimal 1 kg, dan bisa dapat lebih banyak lagi kalau ikut kurban.

Akhirnya kami berangkat ke Klaten buat bantu ngabisin daging. Bantu bagiin daging-daging kurban juga tentunya. Tau gak, kemarin dapat berapa kilo? Lebih dari 5 kg! Sebagian kami bawa ke Bogor untuk dibagi ke saudara. Sebelumnya direbus lalu diangin-anginkan dulu supaya gak basi di jalan.

Trus sampe di Bogor, dapet lagi seplastik. Udah direbus juga. Potongannya kayak potongan buat rendang. Sebenernya ngarep yang mentah sih, tapi dapet yang rebusan pun gak nolak. Alhamdulillah bisa makan daging 😊

Empal

Daging yang terakhir dapat itu langsung aku tandain buat bikin Empal Daging. Karena dulu pernah bikin tapi hasil ungkepannya gak di goreng, aku mutusin untuk recook Empal, sekalian buat diposting hari ini. Empal bukanlah Empal kalo gak di goreng sebentar, kan? *apasih

Aku beberapa kali makan Empal, dan rasanya gak pernah mengecewakan. Rasanya manis gurih(?), bumbu rempahnya meresap banget karena diungkep sampe kuahnya asat, trus digoreng sebentar. Bisa nambah berpiring-piring deh!

Resep yang bakal aku recook ini adalah resep dari temanku. Resep aslinya ada di status fb ku di bawah ini, ya. Status sebulan yang lalu.



Karena di resep gak pakai takaran, aku coba improvisasi sendiri.

Empal Daging Sapi
Oleh: Gian Fitriani

Bahan:
πŸ‡350 gr daging sapi yang sudah direbus, potong searah serat daging (*mungkin sekitar 500 gr kalau belum direbus)
πŸ‡ Air asam jawa secukupnya
πŸ‡ Gula merah sesuai selera (*gak aku takar)
πŸ‡1 lembar daun salam (*di resep gak pake)
πŸ‡ Garam secukupnya
πŸ‡ Minyak untuk menumis
πŸ‡ Air secukupnya

bumbu

Bumbu Halus:
πŸ‹ 6 siung bawang merah
πŸ‹ 4 siung bawang putih
πŸ‹ 3 butir kemiri
πŸ‹ 2 cm jahe
πŸ‹ 2 cm lengkuas (*aku pakai lengkuas muda)
πŸ‹ 1 sdt ketumbar

Cara Membuat:

daging

🍏Daging yang sudah direbus setengah matang digeprek di cobek pakai ulekan sampai agak pipih. Sisihkan.
🍏Tumis bumbu halus sampai matang. Masukkan daun salam dan daging, aduk-aduk.

daging-empal

🍏Tambahkan air sampai daging terendam. Masukkan air asam jawa, gula merah, dan garam. Ungkep daging dengan api kecil hingga airnya habis.
🍏Goreng sebentar. Sajikan dengan nasi hangat.

empal

Keliatan enak gak? Jujur aja, aku gak jago foto makanan 😒
Tapi ini beneran enak lho *muji masakan sendiri*. Biasanya empal ditabur bawang goreng di atasnya, berhubung gak ada stok, aku taruh cabe aja buat hiasan ^^'

Hasil ungkepan temenku gak se coklat dan se medok hasil masakanku. Tapi aku memang sengaja banyakin gula merahnya biar dapet manis gurihnya. Benar-benar improvisasi yang kebablasan 😝
Dan rasanya jadi mirip semur hiks.

Ada tips atau saran supaya Empal nya makin maknyus? Atau mau sharing soal masakan daging yang kamu buat saat Idul Adha? Komen, yuk!

12 komentar:

  1. Cucok, aku juga punya stock daging di kulkas. Belum pernah bikin versi empal soalnya, jadi nanti resepnya aku pake tanpa improve hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu cobain, Mak.. insyaallah maknyus hehe

      Hapus
  2. enak mbak kayaknya. daging yang gurih manis gitu saya sukaaa....

    kalo saya masak daging hasil idul adha tuh kebanyakan tanpa nama. pokoknya dikasih bawang merah putih ditumis, daging dimasukin, kasih air, masak sampai empuk. udah. hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang Jawa memang biasanya senengnya yg gurih manis gitu ya, Mbak.

      Daging dimasak pake bumbu simpel pun udah enak :D

      Hapus
  3. Ooh pakai kemiri dan jahe ya..noted..makasih resepnya :)

    BalasHapus
  4. Aku ga jago masak mba :D. Bisanya nyicipin doang hahaha... Empalnya kalopun jd cendrung ke arah semur, ya berarti enak juga mba :D. Semurpun aku doyan banget soalnya hihihi

    BalasHapus
  5. Ini empal manis ya. Ada yang suka empal manis, ada yang suka asin. Kalo aku suka dua-duanya, asal empuk nggak alot. Makan dengan nasi putih anget dan sambal terasi, bisa pengin nambah terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka kedua versinya. Emang bikin pengen nambah terus kalo gk inget timbangan. Hihi

      Hapus
  6. Aku ko penasaran pengen coba ya, belum coba nyicip, apalagi bikin..he

    BalasHapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES