Selasa, 13 Juni 2017

[Apps Review] Puzzle Alarm: Gak Perlu Telat Bangun Sahur Lagi, deh!


Nulis review aplikasi alarm di hari ke-18 Ramadan itu telat gak, sih? Banget lah ya 😢

Tapi gapapa.. better late than never kan?

Kalau kamu sudah baca tulisanku tentang sahur, kamu akan tau kalau review ini sudah diniatkan untuk ditulis sejak sebelum bulan Ramadan, bahkan sejak pertama diinstall sekitar satu atau dua tahun yang lalu. Sudah lama sekali, hiks. Waktu itu sudah sempat nge-draft, tapi merasa kurang mantap, akhirnya dihapus, kemudian terlupakan 😭

Momen Ramadan begini, pas banget untuk mulai menginstall aplikasi alarm.

"Bukannya di tiap smartphone sudah ada alarmnya?"
Betul sekali. Tapi biasanya alarm bawaan yang ada di smartphone itu terlalu biasa. Hanya ada pengatur jam, judul, dan snooze.
Ketika alarm berbunyi, kita bisa dengan mudah mematikan alarm lalu tidur lagi. Hari libur, sih, mungkin gak masalah bangun agak siang, tapi kalau kita harus berangkat sekolah pada hari itu, berabe kan, jika sampai telat?

Lebih gawat lagi kalau bulan puasa. Kita yang gak terbiasa bangun sebelum subuh akan kesulitan bangun, apalagi kalau punya kebiasaan matiin alarm trus tidur lagi, bisa-bisa gak sahur.

Sahur bagi orang yang akan berpuasa itu sangat penting, meski bukan sesuatu yang diwajibkan. Dengan bersahur, kita jadi lebih kuat menjalani hari meski sedang berpuasa.

Kenapa sih, aku merekomendasikan app ini? Mau tau alasannya? Let's cekidot!

~~~~~~~~~~~~

                
Puzzle Alarm Clock namanya. Kamu akan langsung menemukannya saat mengetik "Puzzle Alarm" di kotak pencarian Google Play Store. Aplikasi alarm ini dibuat oleh Wro Claw Studio di Kota Wroclaw, Polandia. Dengan ukuran yang sangat kecil, yaitu sekitar 3.5MB, kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan.

Setelah kamu unduh, klik icon 2 segitiga yang dibentuk menyerupai jam pasir. Tampilan awalnya seperti gambar di bawah.

Terlalu sederhana, ya?

Ada iklan di tengahnya, namun tidak terlalu mengganggu.

Tap tanda (+) di pojok kanan bawah, nanti akan muncul pengaturan waktu.

Tampilan 24 jam memudahkan kita untuk memilih waktu yang diinginkan
Atur jam beserta menitnya. Setelah mengklik OK, kita akan melihat waktu yang kita pilih tertera di bagian atas. Dibawahnya ada beberapa fitur yang nanti akan aku jelaskan :)

                  
Seperti alarm pada umumnya, kita bisa menuliskan judul alarm dan memilih nada dering. Ketik judul yang diinginkan, pilih dering alarm, centang kotak di sebelah tulisan "getaran" untuk memunculkan getaran saat alarm berbunyi.

Di bawahnya ada Puzzles dan Power-ups.


PUZZLES


Ini dia andalannya Puzzle Alarm.

Puzzle.

Puzzle akan ditampilkan saat alarm berbunyi. Ketika kamu mencoba menjawab, alarm akan berhenti sejenak. Kalau jawaban tepat, alarm akan benar-benar berhenti. Kalau tidak, siap-siap dengar suara bising dari alarm ini lagi sampai kamu berhasil menjawab dengan benar. Alih-alih tidur lagi, matamu malah terbuka lebar karena harus fokus menjawab.

Ada tiga tingkat kesulitan dari masing-masing puzzle; Easy, Medium dan Hard (pro). Kamu bisa memilih lebih dari satu puzzle untuk kamu "mainkan" ketika alarm berbunyi, yang akan dimunculkan secara acak. Kamu juga bisa menentukan, mau berapa kali puzzlenya diulang.

Puzzlenya ada apa aja sih?

*Retype Password

Swap untuk pilih tingkat kesulitan
Tingkat Kesulitan: Medium

Kamu akan dihadapkan pada beberapa huruf dan angka yang random. Tugasmu adalah mengetik ulang kombinasi tersebut. Harus plek sama. Huruf kapital harus kapital, dan huruf kecil harus tetap kecil.

Mau gak mau, kamu mesti berusaha membuka mata supaya gak salah lihat. Di pojok kiri atas ada jam pasir penunjuk sisa waktu menjawab.

Ini puzzle yang paling simple karena passwordnya dimunculkan di sebelah tempat mengetik, tinggal salin saja.

*Memory

Lihat ini inget game pertanian #abaikan

Kira-kira kebayang gak, apa yang diperintahkan untuk diingat?

Betul. Kotak birunya harus dihapal, untuk kemudian di ulang. Salah tekan satu kotak saja, alarm akan bunyi lagi.

*Equation

Hayo, penambahan dulu atau pengurangan dulu?

Puzzle ini cocok banget buat yang gak suka Matematika. Males ngeliat angkanya, mau gak mau harus dijawab. Tapi biasanya yang gak suka Matematika gak akan milih ini biar gak susah matiin alarmnya. #tunjukhidungsendiri

*Shape Sequence

Kayak simbol di stik PS

Tugas kita untuk puzzle ini adalah mengingat bentuk-bentuk yang ditampilkan, lalu diulang secara berurutan. Misalnya lingkaran, kotak, segitiga, lingkaran, maka tap bentuknya sesuai urutan.

*Barcode Scanner (pro)

Random sekali... gak nemu barcode untuk di scan xD

Ini menurutku bukan puzzle sih, tapi mereka memasukkannya ke kategori puzzle, jadi anggaplah ini puzzle. :D

Kalau kita pilih option ini, kita akan diminta untuk mengarahkan kamera kita ke barcode sebuah produk. Apapun. Tapi supaya bisa men-scan dengan baik, perlu penerangan yang cukup. Menyalakan flashlight mungkin bisa membantu. Kalau gak bisa, mau gak mau harus bangun untuk pindah ke tempat yang lebih terang, atau untuk menekan saklar lampu. Bagi yang tidur dengan lampu menyala, tentu takkan jadi masalah.


POWER-UPS



Kalau puzzle yang kamu kerjakan belum berhasil membangunkanmu, fitur power-up ini mungkin bisa menyelamatkanmu dari bangun kesiangan. Kalau gak bangun juga, itu sih namanya *isi sendiri* 

*Wake-up Poke



Saat kita memilih fungsi ini, lima menit setelah kita berhasil mematikan alarm, akan muncul notifikasi seperti yang ada di gambar. Fungsi wake-up poke adalah untuk memastikan bahwa kita sudah bangun. Tap segera setelah melihat notifikasi, atau alarm akan berbunyi lagi.

*Flashlight

Flashlight akan berkedip bersamaan dengan alarm. Tap and hold untuk mematikan, atau double tap untuk snooze.

*Snooze Limit

Alarm akan berbunyi lagi beberapa menit setelah alarm berhasil dimatikan jika kamu memilih fitur ini. Kamu bisa menentukan apakah kamu mau pakai snooze atau tidak Setelah kamu tap option ini, pilih 1, 2 atau no snooze. Buka settings untuk durasi snooze.

Untuk App After Alarm, aku belum coba karena pakai yang free. Di Zennyx sih ada yang versi jadul, yang semua fiturnya masih terbuka, tapi entah kenapa gak bisa dipakai.

PRO VERSION

Ketika kamu membuka settings, kamu akan melihat tulisan "pro version" di bagian atas.



Untuk bisa menggunakan fitur-fitur seperti barcode scanner dan app after alarm, kamu perlu membeli pro version nya dengan harga Rp 52.000, ATAU kamu bisa mendapatkannya secara gratis!

Mau tau caranya?



Ajak teman kamu untuk mendownload Puzzle Alarm. Kalau sudah ada 5 orang yang mendownloadnya, kamu akan mendapatkan pro version, gratis.

Send invitations ke teman-temanmu. Log in untuk klaim hadiah.

~~~~~~~~~~~~

Bagi kamu yang merasa gak mempan pakai alarm biasa, cobain deh! Fiturnya banyak tapi gak makan banyak tempat. Gak ada lagi deh, yang namanya bangun kesiangan, apalagi bulan puasa gini, yang harus bangun lebih awal untuk makan sahur.

Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadan tahun ini diterima oleh Allah, dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya, serta dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan tahun berikutnya. Aamiin. ^^

Sampai jumpa!
Wassalaamu'alaykum.

~~~~~~~~~~~~

Judul: Puzzle Alarm Clock
Kategori: Alat
Developer: Wro Claw Studio
Rating Usia: 3+
Stars: 4,3
Besar File: 3,51 MB

8 komentar:

  1. Mantap kali. Agak ribet ya, tapi bagi orang yang susah bangun okelah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, buat yang susah bangun, sepertinya memang perlu aplikasi alarm yang agak beda.. atau perlu teman di sebelah untuk bangunin xD

      Hapus
  2. Wah keren.. Kebayang deh ngantuk2 harus nyelesain puzzel. Kalau g diselesaikan dengan tepat, bukan cuma yg punya alarm yg bangun. Tapi seisi kamar. Xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. hihi.. saya aja kadang gitu pas pakai app ini. yg disebelah ikutan bangun.

      Hapus
  3. Wkwkw cocok nih buat saya yg udah 3x telat sahur karena alarmnya dimatiin lagi lalu kemudian lanjut tidur 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba Mak Icha.. semoga bisa membantu ^^

      Hapus
  4. Wkwkwkwjw.... Lucu amat ya mba.. Cocok ini utk anakku yg susah bangun :p. Kalo aku sih g ada masalah soal bangun pagi, jd alarm biasa udh cukup. Kebayang banget mata msh sepet disuruh mikir supaya alarmnya bisa mati :p. Tp kalo suamiku pake alarm ini, yg keganggu aku jg ntr :D. Soalnya suamiku ama si kecil kalo udh tidur kyknya gempa bumi jg ga mempan bangunin :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, cocok banget buat yang tidurnya kelewat nyenyak xD
      Pakai alarm yg model keset aja, yang mesti berdiri diatasnya kalau mau matiin alarm.. :D

      Hapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES